Tinjau Pembangunan Masjid, Bupati Balangan dan Bank Kalsel Salurkan Bantuan

Bagikan Artikel

BALANGAN, RB – Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Kepala Bank Kalsel Cabang Paringin, Agus Setiawan meninjau pembangunan Masjid Hayatuddin di Desa Hukai, Kecamatan Juai, Rabu (01/05/2022).

Hadir pula dalam peninjauan tersebut, sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Balangan, Camat Juai, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Juai, Kepala Desa dan Aparatur Desa setempat.

Setelah melakukan peninjauan, Bupati Balangan, Abdul Hadi juga turut bersama-sama melakukan Salat Maghrib berjamaah yang dilanjutkan dengan kegiatan silaturahmi.

Dalam arahannya, Abdul Hadi mengatakan, untuk membantu meringankan beban panitia pembangunan Masjid Hayatuddin, Pemkab Balangan akan membantu dana sebesar Rp500 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Balangan Tahun Anggaran 2023.

Dijelaskan Abdul Hadi, bahwa program perampingan SKPD Pemkab Balangan yang dilakukan pada tahun lalu, telah memberikan dampak positif terhadap penghematan belanja pegawai, dan adanya efesiensi tersebut dapat dialokasikan untuk mendukung program pembangunan salah satunya dengan memberikan bantuan kepada tempat-tempat ibadah.

“Upaya merampingkan SKPD berdampak positif terhadap APBD. APBD kita lebih hemat dan efesien. Dengan penghematan APBD, dapat kita manfaatkan atau kita alokasikan ke sektor infrastruktur atau memprioritaskan membiayai pembangunan yang benar-benar dibutuhkan dan berguna untuk masyarakat, salah satunya membantu pembangunan Mesjid Hayatuddin di Desa Hukai ini,” ujar Abdul Hadi.

Sementara itu, Perwakilan Panitia Pembangunan Mesjid Hayatuddin, Risibli menyampaikan bahwa mesjid dibangun agar dapat menampung lebih banyak jamaah, karena kapasitas mesjid sebelumnya yang tergolong cukup kecil.

Risibli juga menambahkan, dengan adanya bantuan yang diberikan oleh Pemkab Balangan dan Bank Kalsel, akan menambah dana kas panitia untuk mempercepat pembangunan Mesjid Hayatuddin.

“Kami atas nama panitia pembangunan mesjid dan masyarakat Desa Hukai, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Mudah-mudahan dengan bantuan-bantuan tersebut, akan mempercepat pembangunan Mesjid Hayatudin sehingga dapat memfasilitasi warga dalam beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan,” ucap Risibli.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan, Abdul Hadi juga memberikan bantuan dari dana pribadi, sebesar Rp30 juta. Selain itu, Bank Kalsel juga menyerahkan dana yang berasal dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sejumlah Rp20 juta.

UPZ Bank Kalsel adalah unit penghimpun zakat, infak dan sedekah yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Dari internal, zakat dapat berasal dari gaji seluruh pegawai, sedangkan eksternal, dananya bersumber dari pembayaran zakat nasabah maupun masyarakat melalui transfer rekening. (MC Balangan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *