Pelayanan Keimigrasian di Balangan Resmi Beroperasi

Bagikan Artikel
Pelayanan keimigrasian di Kabupaten Balangan di antaranya pembuatan paspor telah resmi beroperasi

PARINGIN, RB – Pelayanan keimigrasian di Kabupaten Balangan di antaranya pembuatan paspor telah resmi beroperasi dengan jadwal setiap minggu pertama dan ketiga setiap bulan pada hari Senin dan Selasa di eks kantor Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Balangan.

Kepala Kemenkumham Wilayah Kalsel Tejo Harwanto, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari segala pihak khususnya Pemkab Balangan yang mendukung penuh peningkatan pelayanan keimigrasian di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Balangan.

“Melalui MoU ini menunjukkan bahwa komitmen kuat dari Pemkab Balangan dan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin dalam memberikan pelayanan publik berupa pelayanan pengurusan paspor kepada masyarakat Balangan dan sekitarnya,” kata Tejo, Senin (13/12/2021)

Dia melanjutkan, dalam jangka panjang, komitmen ini pun akan diperluas melalui Pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi di Kabupaten Balangan, dimana layanan fungsi keimigrasian tidak terbatas pada layanan pengurusan paspor saja namun lebih menyeluruh sebagaimana fungsi kantor imigrasi.

Selain itu terangnya, dokumen keimigrasian saat ini bukan lagi menjadi kebutuhan tersier bagi masyarakat namun menjadi kebutuhan sekunder, bahkan bagi beberapa kelompok masyarakat menjadi kebutuhan primer karena paspor menjadi persyaratan wajib untuk dimiliki bagi Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri.

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi mengungkapkan, kehadiran pelayanan keimigrasian di Bumi Sanggam ini bermula dari MoU antara Pemkab Balangan dan Kanwil Kemenkumham Kalsel pada akhir bulan Mei lalu. Saat itu pihaknya menginginkan daerahnya agar banyak dikunjungi orang selain keperluan wisata, usaha dan sebagainya.

“Yang kedua adalah kami akan melakukan regrouping dan perampingan sejumlah SKPD, sehingga akan terjadi kelebihan gedung kantor dan beberapa fasilitas lainnya,” ungkap Abdul Hadi.

Dalam kesempatan itulah, kata dia, pihaknya melemparkan wacana mempersilahkan kantor Kemenkumham untuk membuka layanan keimigrasian di Balangan, sekaligus ia menawarkan fasilitas berupa gedung kantor di lokasi yang strategis.

Abdul Hadi menambahkan, selain agar menarik orang untuk berkunjung ke Balangan, tentu saja yang lebih prinsipil adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada warga masyarakat.

“Alhamdulillah wacana tersebut direspon dan ditindaklanjuti dengan cepat sebagaimana yang kita saksikan hari ini, gedung ini insyaAllah yang akan menjadi kantor unit kerja keimigrasian di Balangan,” pungkasnya.

2 thoughts on “Pelayanan Keimigrasian di Balangan Resmi Beroperasi

  1. Wow, amazing blog layout! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you make blogging glance easy. The whole look of your web
    site is excellent, as neatly as the content! You can see similar here
    e-commerce

  2. Good day! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very
    good success. If you know of any please share. Cheers!
    You can read similar art here: Hitman.agency

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *