Angka Harapan Hidup Balangan Naik

Bagikan Artikel
Ilustrasi Umur Harapan Hidup

PARINGIN, RB – Umur Harapan Hidup (UHH) Kabupaten Balangan dari tahun 2021 dan 2022 mengalami peningkatan sekitar 0,25 persen, lampaui target tahun 2022.

UHH merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat. Semakin tinggi UHH maka derajat kesehatan masyarakat semakin baik, begitu pula sebaliknya. UHH merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya dan meningkatkan derajat kesehatan pada khususnya.

Akhmad Nasai sebagai Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Balangan mengatakan, jika data kenaikan UHH ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPS Balangan.

“Indikator UHH tersebut tahun 2022 adalah sebesar 100,01% (68,13 Tahun) dari target realisasi UHH 68,12 tahun. Untuk capaian tahun 2021 masih sebesar 99,90% (67,85 Tahun) yang dikeluarkan oleh BPS Kabupaten Balangan. Hal ini berarti bahwa capaian indikator tersebut mengalami kenaikan termasuk dalam kategori capaian berhasil,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Balangan Akhmad Nasai, Rabu (25/1/2023).

Dikatakan pula, olehnya kalau Kabupaten Balangan berada di urutan 8 dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel, dimana urutan pertama adalah Kota Banjarbaru dengan realisasi 72,10 tahun.

Sauki mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi berhasilnya meningkatkan UHH adalah AKB, semakin rendah AKB maka UHH semakin tinggi. Dengan demikian menurunkan AKB adalah sesuatu yang mutlak untuk meningkatkan UHH.

Terjadinya peningkatan UHH signifikan karena dipengaruhi oleh menurunnya AKB pada tahun 2022, menurut Sauki di dipengaruhi melalui kinerja dan upaya Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Balangan melalui Bidang Kesehatan Masyarakat. (shrn)

One thought on “Angka Harapan Hidup Balangan Naik

  1. Wow, incredible blog format! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you make blogging glance easy. The total glance of your website is wonderful, as smartly as the
    content! You can see similar here najlepszy sklep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *