Selain Pelatihan Bioflok, Balangan Coal Group juga Bantu Enam Unit Kolam di Murung Ilung

Bagikan Artikel
Balangan Coal Group berikan pelatihan dan bantu enam unit kolam kepada Karang Taruna di Desa Murung Ilung

PARINGIN,RB- Balangan Coal Group terus memperhatikan warga di Kabupaten Balangan, salah satunya memberikan pelatihan pengembangan budidaya perikanan dengan Sistem Bioflok.

Tidak hanya pelatihan pengembangan budidaya perikanan dengan Sistem Bioflok, Balangan Coal Group juga memberikan bantuan berupa 6 unit kolam dengan lebar lingkaran 3 meter, sarana dan prasarana perikanan dan bangunan pengolahan dengan nilai Total Bantuan sebesar Rp152.740.000.

Balangan Coal Group dan De’Papuyu Farm bekerja sama dalam melakukan Pembinaan Perikanan pada Karang Taruna Desa Murung Ilung.

Kegiatan yang masuk dalam program Adaro Wita Usaha Berdaya ini, dilatarbelakangi antusiasme masyarakat Desa Murung Ilung yang tergabung dalam Karang Taruna Ikhlas, dalam melakukan pengembangan budidaya perikanan dengan Sistem Bioflok, sebagai pengembangan alternatif usaha perikanan pada area yang terbatas.

Melalui kegiatan ini, perusahaan berusaha untuk mendorong peningkatan keterampilan dan Kesejahteraan masyarakat melalui sektor perikanan dengan pengembangan perikanan dengan Sistem Bioflok.

Fahri, Ketua Karang Taruna Ikhlas mengatakan, pihaknya merasa sangat terbantu dan senang dengan adanya bantuan pembangunan Fasilitas perikanan Bioflok yang disampaikan dari perusahaan.

Karena perikanan Bioflok ini diperlukan ketelitian serta keuletan dari si pengelola.

“Dengan adanya pendampingan dari De’papuyu farm, akan lebih membuat optimis kami dalam melakukan pengelolaan yang baik dan benar pada perikanan dengan sistem Bioflok ini,” ucapnya, Kamis (8/12/22).

Hilmi Arifin, Owner sekaligus Pelatih Budidaya Perikanan Sistem Bioflok mengungkapkan, dengan adanya bantuan perusahaan kepada Karang Taruna ikhlas Desa murung Ilung ini, De’papuyu Farm berkomitmen akan membantu dan melakukan pendampingan hingga perikanan ini dapat berhasil dengan baik.

Dia juga berharap, karang taruna ini dapat menjadi tempat pembelajaran untuk desa-desa lain, sehingga budidaya perikanan dengan Sistem Bioflok ini dapat membantu meningkatkan produksi perikanan yang ada di Kabupaten Balangan.

Division Head External Relations & GA Balangan Coal Group, Thoha menuturkan, melalui bantuan ini pihaknya sangat berharap dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh penerima manfaat, sehingga dapat mendorong meningkatnya produksi perikanan lokal yang berasal dari desa sekitar wilayah operasional perusahaan.

Disampaikannya, Balangan Coal Group sebagai salah satu unit bisnis Adaro, berkomitmen untuk turut serta membantu daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai pilar Adaro Nyalakan Sejahtera – Adaro Wira Usaha Berdaya.

Untuk diketahui, Desa Murung Ilung saat ini merupakan salah satu desa di Kabupaten Balangan yang dalam tahap proses penilaian Oleh Dinas lingkungan Hidup (LH) Pusat, provinsi serta Dinas Pertanahan dan Lingkungan hidup (DPLH) Kabupaten Balangan untuk perubahan status Desa Kampung Iklim (Proklim) dari Tingkat Madya ke Tingkat Utama.

Dalam penilaian Proklim tersebut ketahanan pangan menjadi salah satu indikator dari Penilaian.(Arbt).

One thought on “Selain Pelatihan Bioflok, Balangan Coal Group juga Bantu Enam Unit Kolam di Murung Ilung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *