Gelar Bimtek Demi Tingkatkan Kapasita Pelaku UMKM

Bagikan Artikel

PARINGIN, RB – Pemkab Balangan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) jalin kemitraan strategis dengan Lembaga Inkubator Bisnis (Link B) Balangan guna meningkatkan potensi dan mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bumi Sanggam.

Kemitraan yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem untuk mendukung pertumbuhan UMKM, meningkatkan aksesibilitas, dan memberikan panduan kepada UMKM setempat melalui penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk Peningkatan Kapasitas UMKM di Balangan tahun 2023.

Kegiatan pelatihan ini resmi dibuka oleh Kepala DKUKMPP, Ribowo, dan Ketua Link B Balangan, Syaiful Arif, yang diikuti oleh 29 peserta pelaku UMKM di Balangan, diselenggarakan di salah satu hotel di Banjarmasin.

Diharapkan dengan program pelatihan, lokakarya, dan aksesibilitas yang ditingkatkan akan meningkatkan perekonomian UMKM di Balangan. Dengan salah satu fokus utama kemitraan ini adalah meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam bidang manajemen bisnis, pemasaran, dan pengembangan produk.

Dalam sambutannya, Kepala DKUKMPP, Ribowo, menyatakan, “pihaknya berterima kasih panitia penyelenggara dan yakin bahwa kemitraan dengan Link B Balangan akan memberikan manfaat signifikan bagi UMKM di daerah. Ini adalah langkah positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi UMKM lokal dan menciptakan lapangan kerja baru,” katanya saat ditemui Sabtu (28/10/2023).

Ribowo juga menekankan, “Membangun desa, Menata kota, serta termasuk peningkatan pertumbuhan ekonomi UMKM di Balangan Adalah Visi-Misi Bupat Balangani, dan salah satu faktor peningkatan ekonomi UMKM adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu para pelaku UMKM itu sendiri.”ujarnya.

Sementara itu, Saiful arif Ketua Link B Balangan, menyatakan, “Kami sangat antusias terkait kemitraan ini dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami siap menyediakan sumber daya, pengetahuan, dan tenaga bagi UMKM di Balangan.”uacapnya.

“Kami berharap bahwa kemitraan ini akan membantu mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi UMKM yang sehat, dan menciptakan peluang baru bagi pelaku UMKM di Balangan,” harapnya. (Alpi)

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) tengah bersama ketua Link B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *