Bappedalitbang Balangan Gelar Ekspose Akhir Pengembangan Wilayah Jalan Lingkar

Bagikan Artikel

PARINGIN, RB – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan lakukan ekspose akhir kajian Jalan Lingkar Barat dan Timur Kabupaten Balangan, bekerja sama dengan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), di Aula I Bappedalitbang, Paringin Selatan, Selasa (31/10/2023).

Disampaikan Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Ahmad Sufian, pihaknya sangat berterima kasih dan mengapresiasi untuk tenaga ahli atas ketersediaannya dalam melakukan kegiatan pengumpulan data kajian ini.

Yang mana ini merupakan kegiatan lanjutan untuk mengetahui hasil paparan dari tim Penelitian dan Pengembangan Bidang Sosial dan Kependudukan Sub Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan.

Sehingga diharapkan jalur lingkar yang menjadi pengembangan wilayah baru ini bisa membuat kemajuan pembangunan di Kabupaten Balangan.

“Sebenarnya pembangunan jalur lingkar barat ini sudah lama jadi memang ada sebuah pemikiran kita untuk pengakuan wilayah ke depan, untuk jalan kota di Paringin sangat pendek dan kita butuh jalur baru pengembangan wilayah, bukan cuma jalur lingkar barat namun juga jalur lingkar timur kita realisasikan,” ujarnya.

Sementara itu, dikatakan Tim Ahli SDA dan Lingkungan Poliban Banjarmasin, Reza Adhi Fajar, bahwa pengembangan wilayah jalur tersebut memang harus berdasar dengan memperhatikan titik-titik krusial yang disampaikan oleh OPD.

Mulai dari isu lahan, irigasi, lalu lintas hingga dampak sosial. Karena hal ini dibutuhkan agar proyek strategis nasional Lingkar Barat dan Timur Kabupaten Balangan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Jadi kita lihat kepadatan lalu lintas sepertinya tidak terlalu padat, namun karena keinginan untuk pengembangan kawasan itu lebih besar atau lebih mendominasi sehingga kajian ini ada untuk menanggulangi kecelakaan, untuk pengembangan etalase wilayah, dan perpotongan wilayah jalan nasional yang melintasi kota lebih panjang dan luas sehingga ada geliat ekonomi yang bisa menambah pertumbuhan pekonomian lokal,” pungkas Reza. (MC Balangan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *