Aplikasi SIAP-PD Bantu Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Balangan

Bagikan Artikel

PARINGIN, RB – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan, adakan pelatihan input Aplikasi Sistem Integrasi Data Perencanaan (SIAP-PD), di Hotel Aston Tanjung, Tabalong, Kamis (5/10/2023).

Menurut keterangan Kepala Bidang Koordinasi Perencanaan Ekonomi dan Infrastruktur Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Resty Fauriana, aplikasi ini digunakan untuk menemukan hasil survei intervensi permasalahan by name by address masyarakat miskin ekstrem.

“Jadi kegiatan ini adalah input aplikasi sistem integrasi data perencanaan dalam rangka perumusan data pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Balangan,” terangnya.

Yang mana pada survei ini, outputnya nanti adalah merujuk pada program kegiatan apa saja yang harus diintervensi oleh perangkat daerah, terhadap masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Balangan.

Oleh karenanya, disampaikan Resty, bahwa peran tim survei sangatlah penting dalam mengenali beberapa kendala atau permasalahan yang nantinya bakal dijadikan bahan perbaikan untuk pengentasan kemiskinan ekstrem.

“Fokus sebenarnya adalah permasalahan mendasar yang ada dimasyarakat, yang masuk dalam miskin ekstrem mulai dari jumlah pendapatan, minat bekerja dan keterampilan yang itu semua didapat dari form surveinya desa,” sampainya.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan tersebut, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Balangan selaku wali data kabupaten juga turut terlibat dalam hal ini.

Dikatakan Kepala Bidang Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan, Agus Hariyanto, mengenai input aplikasi sistem integrasi data perencanaan ini merupakan sebuah kegiatan yang pada prinsipnya adalah satu data.

Sehingga dari satu data inilah cara bagaimana semua SKPD, kecamatan dan desa agar tidak ada lagi terjadi perbedaan baik dari sasaran dan sumber datanya.

“Dengan adanya sasaran yang sama maka tujuan dari perencanaan Kabupaten Balangan dalam pengentasan kemiskinan ekstrem akan terlaksana,” katanya. (MC Balangan)

5 thoughts on “Aplikasi SIAP-PD Bantu Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Balangan

  1. Attractive component to content. I simply stumbled upon your
    website and in accession capital to say that I get in fact enjoyed account
    your blog posts. Any way I’ll be subscribing for your augment or even I achievement
    you get right of entry to constantly quickly.
    I saw similar here: Sklep

  2. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Appreciate it!

    You can read similar article here: Dobry sklep

  3. Hey! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good success. If you know of any please share.
    Thank you! I saw similar text here: GSA List

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *