Tim SMKN 1 Paringin Raih Prestasi di Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2019

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Sejumlah siswa yang menjadi binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri di Kabupaten Balangan mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2019 Tingkat SMA sederajat.

Hebatnya, dua tim dari sekolah berbeda di Balangan tersebut berhasil jadi jawara lomba yang digelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Aula Perpustakaan Pusat ULM, kemarin Kamis (21/3/2019).

“Alhamdulilah siswa kami meraih juara satu,” terang Guru Pembimbing SMKN 1 Paringin Izuddin Syarif.

Tim yang terdiri dari dua siswa, yakni M Farhat Adha Diannur dan M Fahrizanor tersebut menampilkan karya mereka berupa alat pengaman drop tegangan.

Sesuai dengan jurusan mereka, yakni Program Keahlian Teknik Instasi Tenaga Listrik, keduanya berhasil memikat juri. Dimana alat yang diciptakan berguna jika terjadi penurunan tegangan, maka alat berfungsi untuk menghentikan masuknya tegangan, sehingga mengurangi risiko terhadap kerusakan alat rumah tangga.

Sementara tim dari MAN 2 Balangan yang beranggotakan Ghafiratun Al-Fitriani dan Mochamad Rochzkin Chorong, menampilkan batako ringan dengan pemanfaatan limbah styrofoam sebagai bahan tambahan dalam pembuatan dinding bangunan tersebut.

Karya dari siswa binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri inipun berhasil meraih juara harapan dua dari lomba yang mengangkat tema “Penerapan Iptek di era revolusi industri 4.0 untuk mewujudkan generasi yang berdaya saing” itu.

Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) adalah yayasan korporasi yang dibentuk oleh Adaro Group untuk mendukung pencapaian misi perusahaan yaitu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan nasional.

Adaro yang memiliki wilayah operasi tambang batubara di Kabupaten Balangan dan Tabalong untuk Provinsi Kalsel, selalu berupaya menjadi katalist dalam masyarakat yang memberikan dampak perubahan ke arah lebih baik dalam bidang ekonomi lokal, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan lingkungan yang lebih lestari.(Tim)

Berita ini juga tayang di : https://kalsel.antaranews.com/berita/89477/siswa-binaan-adaro-jawara-lomba-karya-tulis-ilmiah-nasional-2019

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial