SMPN 3 Paringin Jalankan Program Gerakan Tanaman Asuh

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Berbagai langkah dan terobosan unik serta menarik untuk melestarikan lingkungan, terutama untuk menyukseskan program adiwiyata terus dilakukan oleh sekolah yang ada di Kabupaten Balangan.

Salah satu sekolah yang melakukan terobosan tersebut adalah SMPN 3 Paringin yaitu dengan menjalankan program Gerakan Tanaman Asuh (GTA).

Erida Fitriyani selaku Guru Prakarya dan Pelaksana Program GTA di SMPN 3 Paringin menjelaskan, pada program ini langkah pertama yang dilakukan yaitu semua warga sekolah diminta untuk membawa tanaman pohon untuk di tanam di kebun sekolah.

“Setelah proses penanaman, selanjutnya masing-masing warga mengasuh dan merawat tanaman yang dibawa masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan dari program ini adalah untuk menjadikan sekolah yang hijau dan menanamkan kepedulian lingkungan untuk seluruh warga sekolah.

“Hal kecil yang dilakukan tapi besar manfaat yang di dapat,” katanya.

Satu siswa Wenny Fauziah mengatakan program ini sangat baik untuk dijalankan, karena siswa jadi bertanggungjawab dengan tanaman yang ditanam.

“Bisa fokus merawat tanaman yang kita tanam, program ini juga dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab,” ujarnya.

Rafiul Amal selaku Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan sangat bangga dan sangat mengapresiasi salah satu kegiatan peduli terhadap lingkungan yang dilaksanakan di SMPN 3 Paringin, yaitu Gerakan Tanaman Asuh.

Lebih lanjut menurutnya, secara sederhana, program ini adalah gerakan yang dilaksanakan di sekolah, dimana semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa) diwajibkan memiliki satu atau beberapa pohon atau tanaman yang menjadi tanggungjawabnya.

“Gerakan ini bertujuan melatih kepedulian warga sekolah terhadap keasrian dan hijaunya lingkungan serta menanamkan karakter tanggung jawab terhadap lingkungan itu sendiri,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa juga ditiru dan dilaksanakan oleh sekolah-sekolah lain. Adanya program ini Inshaa Allah, tanaman-tanaman yang ada di sekolah akan terpelihara karena ada pengasuhnya.(tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial