Pemungutan Suara Ulang Berjalan Lancar

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 02 kelurahan Batu Piring berjalan lancar.

Pelaksanaan PSU sendiri ditinjau langsung oleh Ketua divisi sosialisasi pendidikan pemilih Parmas dan SDM Bawaslu Kalsel Edy Ariansyah, Komisioner Divisi Teknis KPU Kalsel Hatmiati Mas’ud, komisioner Panwas Kabupaten Balangan serta ketua KPU Balangan Sarpani.

Ketua divisi sosialisasi pendidikan pemilih Parmas dan SDM Bawaslu Kalsel, Edy Ariansyah menyampaikan, jika pelaksanaan PSU ini sesuai rekomendasi Bawaslu Balangan.

Pemungutan ulang ini dilakukan, menurut Edy, karena ada keselahan pahaman antara panitia dengan warga pemilih yang yang tidak terdaftar dan tidak membawa form A5, namun diperbolehkan mencoblos hanya dengan menggunakan e-KTP.

“Ini hanya human error, terkait pemahaman yang salah antara panitia pemilihan setempat dengan warga pengguna e-KTP untuk mencoblos yang semua disepakati oleh pihaknya lainnya seperti para saksi serta pengawas TPS,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua KPU Balangan Sarpani.

Menurut dia, kesalahan ini karena murni ketidak pahaman panitia pemungutan suara yang membolehkan warga yang tidak terdaftar di DPT dan membawa A5 untuk mencoblos.

Proses PSU sendiri berjalan lancar dimana ada 160 warga 216 DPT yang terdaftar sebagai pemilih di TPS TPS 02 kelurahan Batu Piring mengunakan hak pilihnya. Sedangkan total pemilih yang mencoblos adalah 162 orang yang terdiri dari 160 DPT ditambah satu pengguna DPK serta ditambah satu orang pemilih DPTb.

Sekedar untuk diketahui hasil PSU di TPS 02 kelurahan Batu Piring pasangan presiden dan wakil presiden 01 memproleh suara 39 dan pasangan presiden dan wakil presiden 02 memperoleh suara 118 sedangkan suara tidak sah sebanyak 6 suara.(Tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial