Legislatif Sepakati Raperda Perubahan APBD 2019

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Rapat paripurna dengan acara kesepakatan bersama terhadap Raperda Perubahan APBD Kabupaten Balangan tahun anggaran 2019, dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan, Senin (12/8) malam.

Ketua DPRD Kabupaten Balangan Abdul Hadi, memimpin rapat yang berlangsung di aula setwan setempat tersebut, didampingi Wakil Ketua I Syabirin, dan Wakil Ketua II M Nor Iswan. Serta dihadiri oleh 11 anggota legislatif lainnya.

Dari eksekutif, berhadir secara langsung Bupati Balangan Ansharuddin bersama jajarannya sejumlah kepala SKPD. Tampak juga unsur Forkopimda Kabupaten Balangan.

Sebelum menyepakati secara bersama Raperda Perubahan APBD 2019, Badan Anggaran DPRD Balangan melalui juru bicaranya Erly Satriana dalam laporan akhirnya menyampaikan, pihaknya memiliki beberapa catatan, diantaranya untuk lebih meningkatkan pengawasan lapangan sehingga pembangunan sesuai dengan masterplan yang telah disusun, dan mengkaji kembali apa yang menjadi skala prioritas.

Kemudian, lanjutnya, dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan daerah, harus memperhatikan akibat-akibat sosial yang akan muncul. Konflik dan Kerawanan Sosial harus menjadi pertimbangan utama. Sehingga adanya kebijakan tersebut tidak menjadi permasalahan dan bahkan dapat menghadirkan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Balangan.

Selain itu, kata dia, pengawasan internal terhadap pelaksanaan Program dan Kegiatan harus menjadi prioritas utama, sehingga apa yang menjadi raihan sebagai predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat dipertanggungjawabkan.

”Selain Pengutamaan Pelaksanaan Program Nasional dalam bidang Infrastruktur, Peningkatan Kualitas Index Kemanusiaan di Kabupaten Balangan juga harus menjadi Perhatian Pemerintah Daerah baik itu terkait dengan Pendidikan, Kesehatan dan lain sebagainya,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan, pihaknya menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk melibatkan organisasi sosial yang ada di Kabupaten Balangan, agar terkait dengan program dan kegiatannya dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Terakhir, pihaknya mengimbau kepada Stakeholder yang terkait dengan persiapan maupun pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2020, untuk bisa memasukkan berbagai keperluan dalam hal sosialisasi, persiapan data pemilih, pengamanan dan lain sebagainya. Agar kedepannya pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Balangan lebih baik lagi.

Menanggapi beberapa catatan tersebut, Bupati Balangan Ansharuddin mengungkapkan, apa yang telah disepakati dan tetapkan bersama, telah memperhatikan saran maupun masukan dari dewan, baik dalam pemandangan umum maupun rapat kerja-rapat kerja yang dilaksanakan dengan berbagai dinamika.

”Kami menyadari bahwa masih banyak keterbatasan kami sehingga masih banyak pula keinginan masyarakat yang masih belum dapat kami penuhi. Insya allah, kondisi tersebut menjadi pendorong bagi kami dan seluruh jajaran Pemkab Balangan untuk terus berusaha semaksimal mungkin mengerjakan ”pekerjaan rumah” kami,” tandasnya. (tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial