KPU Balangan Bikin Aplikasi Sistem Informasi Pemilu (Siformil)

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Menjelang Pilkada serentak di 2020, dan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait kepemiluan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan membuat inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pemilu (Siformil).

Aplikasi website yang digagas oleh Sekretaris KPU Kabupaten Balangan, Hilmi Arifin tersebut, dibuat pada 15 Juli 2019 dan menurut rencana akan diluncurkan bertepatan pada 17 Agustus 2019.

Hilmi menerangkan, aplikasi Siformil menampilkan semua sistem kepemiluan, dari tahapan pertama sampai penetapan hasil dari Pemilu. Sehingga, kata dia, masyarakat tidak perlu lagi datang ke KPU, cukup membuka aplikasi website ini.

“Aplikasi ini juga terhubung ke DP4 untuk mengetahui apakah pemegang hak suara sudah masuk dalam daftar pemilih tetap atau belum,” ungkap dia.

Sebagai aplikasi penunjang rumah pintar Pemilu yang ada di KPU Kabupaten Balangan, lanjut dia, aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang data calon yang bertarung dalam Pemilu sampai data pemilih dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai desa.

Ke depannya, lanjut Hilmi, aplikasi ini akan dikoneksikan dengan beberapa instansi di daerah seperti Kominfo, kepolisian dan dinas terkait yang memerlukan, termasuk para mahasiswa yang ingin melakukan penelitian.

“Ini merupakan salah satu cara kita untuk meredam informasi hoaks yang beredar di masyarakat. Jadi kalau mau tahu informasi pastinya silakan cek di aplikasi website Siformil,” pungkasnya.(tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial