Kemeriahan Festival Pesona Dayak Meratus ke-5, Tampilkan Budaya Kehidupan Orang Meratus

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Selama tiga hari, puluhan atraksi budaya Dayak Meratus menghiasi gelaran Festival Pesona Dayak Meratus ke 5 yang digelar di Desa Wisata Wadian Tambai, Kapul Kecamatan Halong.

Festival yang digelar oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan ini memberikan para pengunjung dengan rangkuman penampilan kehidupan komunitas dayak meratus sehari-hari seperti menumbuk padi, membuat anyaman (arangan), menyumpit dan permainan tradisional seperti bagasing, mutuu, balugu, kenje dan tari kreasi dayak meratus dari berbagai kabupaten yang di Kalsel.

Penutupan atau puncak acara pada, Sabtu (30/3/2019) berlangsung meriah serta dihadiri langsung oleh assisten III Hj Hasmiati yang mewakili Bupati Balangan H Ansharuddin.

Selain jajaran Pemkab Balangan, turut hadir Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Dandim 1001 Amuntai – Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, Ketua BNNK Balangan AKBP Agus Lukito serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, dukungannya dan rasa bangganya terhadap pelaksanaan acara pesona dayak meratus yang kini menjadi salah satu agenda dunia pariwisata di Kalsel.

“Kami sebagai pemerintah daerah selalu mendukung kelestarian budaya Banua khususnya budaya dayak meratus ini,’’ tegasnya.

Kelestarian budaya ini, menurut orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, sangat penting, karena selain menjadi identitas diri juga merupakan bagian dari kekayaan dan budaya tradisi yang beragam di Indonesia.

“Melestarikan kebudayaan ini adalah kewajiban dan tugas kita bersama,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DAD Balangan, Mandan mengungkapkan, jika pelaksanaan Pesona Dayak Meratus ini merupakan rangkuman kehidupan komunitas dayak meratus sehari-hari yang digambarkan lewat berbagai atraksi kesenian seperti menumbuk padi, membuat anyaman (arangan), menyumpit dan permainan tradisional seperti bagasing, mutuu, balugu, kenje dan tari kreasi dayak meratus.

“Lewat gelaran festival ini bisa benar-benar menjadi diskripsi tentang kebudayaan dayak meratus di Kalsel,’’ jelasnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pariwisata Balangan, Rody Rahmadi Noor menyampaikan, Pesona Dayak Meratus sudah menjadi kalender even wisata nasional untuk wilayah Kalsel.

“Ini tentunya menjadi catatan tersendiri bagi kita untuk terus berbenah, agar kegiatan semacam ini, gaungnya terus menggema. Pemerintah sangat mengapresiasi inovasi berbasis budaya yang dilaksanakan Dewan Adat Dayak Balangan,” pungkasnya.(Tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial