Cacapan, Menu Wajib Orang Banjar

RAGAMBERITA.ID – Dari sekian banyak kuliner (masakan) khas Banjar, hampir semuanya merupakan hasil kreativitas dalam pemanfaatan beragam sumber makanan yang ada di sekitar.

Salah satu buktinya ialah, adanya beragam jenis Cacapan (Makanan ini sejenis acar yang biasanya mengandung

rasanya asam, asin dan pedas) berbahan dasar buah lokasi ataupun tanaman lainnya.

Eksistensi Cacapan sebagai salah satu kuliner wajib orang Banjar ini juga merupakan bukti jika lidah (selera) orang Banjar akrab dengan menu masakan yang manis, asam, gurih dan pedas.

Selain itu, meski biasanya hanya jadi pelengkap saat menyantap makanan, namun secara umum Cacapan ini memiliki keunikannya sendiri.

Salah satu keunikannya, selain jenisnya yang berpuluh-puluh bahkan mungkin ratusan tersebut, Cacapan yang artinya cocolan ini bisa juga dijadikan lauk utama dalam makan maupun menjadi penganti sambel.

Beragamnya jenis Cacapan ini juga disinyalir sebagai pembenar jika lidah orang Banjar lebih suka makanan yang berkuah dibandingkan makanan kering.

Soal kuah ini sendiri, di beberapa wilayah tanah Banjar terkhusus daerah rawa seperti Danau Panggang di Kabupaten HSU ada sebagian masyarakat yang biasa mengunakan Kulak atau bahkan hanya air gula (air putih dikasih gula pasir) dijadikan lauk makan.

Selain mengunakan Kulak (baik itu Kulak pisang atau singkong) biasanya juga dicampur dengan ikan asin sebagai lauk makan.

Terlepas dari kebiasaan selera unik orang Banjar ini, Cacapan sebagai kuliner yang sulit dijumpai di daerah lain ini dan terlihat sederhana. Namun begitu, soal rasa, kuliner ini mempunyai cita rasa istimewa tersendiri.

Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=704387407007770&id=100023095513740

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial