Balangan Akan Canangkan Program Gerakan Tanaman Asuh di Tingkat SMP

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Rafiul Amal selaku Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan sangat bangga dan sangat mengapresiasi salah satu kegiatan peduli terhadap lingkungan yang dilaksanakan di SMPN 3 Paringin, yaitu Gerakan Tanaman Asuh.

Lebih lanjut menurutnya, secara sederhana, program ini adalah gerakan yang dilaksanakan di sekolah, dimana semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa) diwajibkan memiliki satu atau beberapa pohon atau tanaman yang menjadi tanggungjawabnya.

“Gerakan ini bertujuan melatih kepedulian warga sekolah terhadap keasrian dan hijaunya lingkungan serta menanamkan karakter tanggung jawab terhadap lingkungan itu sendiri,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa juga ditiru dan dilaksanakan oleh sekolah-sekolah lain. Adanya program ini Inshaa Allah, tanaman-tanaman yang ada di sekolah akan terpelihara karena ada pengasuhnya.

Ditambahkan juga, bahwa sikap kepedulian terhadap lingkungan yang sudah dibentuk di sekolah akan berdampak pada sikap yang sama saat warga sekolah berada di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya, Bidang Pembinaan SMP akan melaksanakan kegiatan pencanangan program Gerakan Tanaman Asuh (GTA) dan sosialisasi GTA bagi Kepala Sekolah dan Guru jenjang SMP se Kabupaten Balangan pada hari Senin, 14 Oktober 2019 di SMPN 4 Paringin.

“Pencanangan yang akan dilakukan oleh Bupati Balangan ini diharapkan akan menggerakan semua sekolah untuk melaksanakan GTA. Kegiatan ini didukung juga oleh CSR PT Pamapersada Nusantara Site Adaro, dengan keterlibatan banyak stakeholder, GTA diharapkan membumi di Kabupaten Balangan,” tutupnya.(tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial