Antisipasi Bencana di Tahun 2020, BPBD Balangan Telah Lakukan Ini

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Selain menggelar Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana sebagai langkah mengantisipasi kebencanaan, BPBD Balangan juga telah menyiapkan peralatan dan personel bersama instansi terkait yakni TNI, Polri, Tagana serta instansi lainnya melalui pelaksanaan apel bersama beberapa waktu lalu.

Hal ini berkaitan dengan sudah masuknya musim penghujan di Kabupaten Balangan yang diperkirakan masih akan berlangsung untuk beberapa bulan kedepan sampai bulan Maret 2020.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love mengatakan, potensi banjir masih menjadi ancaman dalam bulan Januari sampai Maret di Kabupaten Balangan

“Selain banjir juga kami waspadai adalah longsor dan angin kencang, sehingga perlunya antisipasi secara dini,” katanya.

Selain itu lanjut Alive, BPBD Balangan juga telah menyebarkan spanduk dan baliho himbauan tentang bencana disejumlah titik rawan bencana di Kabupaten Balangan.

Melalui hal tersebut agar masyarakat jangan sampai lengah dan harapannya bisa menjaga dan memelihara lingkungan sekitar, misalnya jangan membuang sampah sembarangan apalagi kesungai.

“Dengan bersihnya sampah dilingkungan maka akan meminimalisir terjadinya banjir dan juga membuat air cepat mengalir,” ujarnya.

Masih menurut Alive, potensi bencana di tahun 2020 khususnya di Kabupaten Balangan masih ada rawan pergerakan tanah terutama di Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

Kemudian juga curah hujan cukup tinggi, sehingga terjadinya banjir, longsor maupun angin kencang patut diwaspadai.

“Oleh karenanya kepada masyarakat kami himbau agar lebih waspada dan berhati-hati selama musim hujan, seperti jangan terlalu banyak beraktivitas diluar rumah saat hujan ataupun angin deras,” pungkasnya.(*)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial