500 Olahan Sampah Dipamerkan Oleh SDN Batu Piring

RAGAMBERITA.ID, PARINGIN – Siapa bilang sampah yang dibuang tidak berguna. Buktinya, lewat kreativitas siswa dan guru SDN Batu Piring, Kabupaten Balangan, sampah pun bisa jadi barang bernilai.

Hasilnya, 500 hasil olahan dari sampah dipamerkan di sekolah yang terletak di Kecamatan Paringinan Selatan itu, kemarin Kamis (19/09/2019).

Hasil olahan siswa tiap kelas di sekolah tersebut beragam bentuknya dan warna warni. Sehingga menarik untuk dilihat.

Ada berupa rumah-rumah yang terbuat dari stik bekas es krim. Miniatur mobil-mobilan, pesawat dan kapal dari kardus/kertas bekas.

Hiasan di dinding rumah hingga tirai sekat rumah dari sedotan plastik bekas juga ada. Termasuk pula figura foto, pakaian hingga tas unik lainnya.

Kepala Sekolah SDN Batu Piring, Musa mengungkapkan, pameran ini bertujuan agar siswa memiliki wawasan terhadap lingkungan.

“Kami ingin diwujudkan secara nyata, bahwa sampah itu akan membanjir kalau tidak kita manfaatkan,” katanya.

Selain itu, lanjut Musa, sampah-sampah yang didapat terbukti memiliki manfaatkan sesuai dengan hasil karya mereka.

“Siswa menjadi kreatif. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan pameran hasil karya siswa dan guru ini menjadi inspirasi dari sekolah-sekolah lain,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana Pembinaan SD Disdik Balangan Mohamad Fatahillah mengapresiasi kegiatan ini.

“Ini merupakan pembelajaran, implementasi dari pendidikan lingkungan hidup. Yang mana SDN Batu Piring ini merupakan SD Adiwiyata. Mereka menerapkan atau sekolah yang berwawasan lingkungan,” ungkap Fatahillah.

Lebih lanjut ia menekankan, selama ini teori yang didapat siswa dan guru juga harus implementasi. Baik di sekolah maupun di rumah serta di masyarakat.

Karena kata Fatahillah, lewat mereka lah kelak keberhasilan pembangunan di Kabupaten Balangan.

“Mari kita tingkatkan pendidikan di Kabupaten Balangan dengan berwawasan lingkungan ini. Supaya lingkungan dan masyarakat terlihat nyaman dan indah dilihat, maupun mampu memberikan dampak kesehatan,” pungkas Fatahillah.(tim)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial